PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN MELALUI KOMUNIKASI EFEKTIF PEREKAM MEDIS DI TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN: STUDI KASUS DI UPT PUSKESMAS KARANGPLOSO

Penulis

  • Soraya Soraya
  • Tri Marhaeni Widiastuti Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Malang
  • Adisty Radika Renata S Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Malang
  • Ervita Nindy Oktoriyani Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Malang

DOI:

https://doi.org/10.58535/jrmik.v5i2.69

Kata Kunci:

Komunikasi Efektif, Perekam Medis, Pelayanan Kesehatan, Pendaftaran Pasien, Puskesmas

Abstrak

 Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis peran komunikasi efektif perekam medis dalam meningkatkan kualitas pelayanan di tempat pendaftaran pasien rawat jalan di UPT Puskesmas  Karangploso. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Fokus penelitian ini adalah prinsip-prinsip komunikasi efektif seperti respect, empathy, audible, clarity, dan humble dari perspektif petugas pendaftaran dan pasien.Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi antara petugas pendaftaran dan pasien belum optimal, terutama dalam penerapan prinsip empati dan rendah hati. Banyak pasien merasa informasi yang diberikan oleh petugas tidak jelas dan harus dijelaskan ulang. Kekurangan dalam komunikasi ini berdampak negatif pada kepuasan pasien dan efisiensi layanan.Penelitian ini menyarankan agar petugas pendaftaran meningkatkan kesadaran dan keterampilan komunikasi mereka, khususnya dalam hal empati dan kejelasan informasi. Pelatihan dan pengembangan kemampuan komunikasi efektif bagi petugas pendaftaran diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan pasien di UPT Puskesmas Karangploso.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-31