Pengaruh Pemasaran Internal Terhadap Kualitas Layanan Internal dan Kepuasan Kerja Pegawai di Instalasi Rawat Jalan RSUD X
Abstrak
Pemasaran internal menjadi faktor penentu dari kualitas layanan internal, sehingga dapat
menciptakan kepuasan kerja pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
pemasaran internal terhadap kualitas layanan internal dan kepuasan kerja di Instalasi Rawat
Jalan RSUD X. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan rancangan survei
analitik dengan pendekatan cross sectional study. Pengumpulan data dengan wawancara
menggunakan kuesioner. Sampel penelitian adalah semua pegawai di Instalasi Rawat Jalan
RSUD X sebanyak 104 orang yang terdiri dari 26 dokter spesialis, 3 dokter umum, 2 dokter gigi,
66 perawat dan 7 tenaga administrasi. Data dianalisis menggunakan analisis jalur (pathway
analysis) dengan bantuan aplikasi Analysis of Moment Structure (AMOS) untuk melihat pengaruh
dimensi-dimensi pemasaran internal terhadap kualitas layanan internal dan kepuasan kerja.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh pemberdayaan terhadap persepsi
kualitas layanan internal (p=0.75); ada pengaruh yang signifikan dari komunikasi internal
terhadap persepsi kualitas layanan internal (p=0.008); tidak ada pengaruh yang signifikan dari
kerjasama tim terhadap kualitas layanan internal (p=0.108); ada pengaruh yang signifikan dari
penghargaan terhadap kualitas layanan internal (p=0.000); ada pengaruh yang signifikan dari
pendidikan dan pelatihan terhadap kualitas layanan internal (p=0.000); dan ada pengaruh yang
signifikan dari persepsi kualitas layanan internal terhadap kepuasan kerja (p=0.000).
Kata kunci : Internal Marketing, Internal Service Quality, Kepuasan Kerja